Kampo, Pengobatan Tradisional a la Jepang

  • Whatsapp
Ilustrasi obat herbal
Ilustrasi obat herbal (Foto: Congerdesign/Pixabay)
banner 468x60
  • NEGARA maju seperti Jepang ternyata juga menggunakan obat tradisional yang sudah diproses secara moderen.
  • Formula tradisi pengobatan ini berakar dari pengobatan Tionghoa kuno.

Negara Jepang terkenal sangat maju dan berdisiplin dalam menjaga kesehatan.  Selain menerapkan pengobatan moderen, masyarakatnya juga mewarisi dan menerapkan tradisi cara pengobatan kuno yang bernama Kampo.

Pengobatan Kampo adalah cara pengobatan herbal yang disusun secara sistematis berdasarkan reaksi tubuh manusia terhadap intervensi terapeutik.

Secara etimologis, Kampo berarti ‘pengobatan Tionghoa.’ Kampo dimaknai sebagai sebuah studi tentang pengobatan tradisional Tionghoa di Jepang, yang diperkenalkan melalui Korea pada abad ketujuh.

Tradisi pengobatan Jepang yang berakar dari cara pengobatan Tionghoa kuno ini termasuk pengobatan empiris. Lambat laun, cara ini berkembang menjadi bentuk pengobatan unik yang sudah disesuaikan dengan kondisi iklim, budaya Jepang dan standardisasi moderen. Di samping itu, pengobatan Kampo juga sudah terintegrasi secara penuh dengan pengobatan moderen. Karena itu, dokter medis pun bisa meresepkan obat herbal tersebut.

Tidak berhenti hingga di situ, teknik pengobatan ini disempurnakan lebih lanjut agar sesuai dengan konstitusi Jepang sebelum berkembang menjadi bentuk pengobatan tradisional yang berbeda.

Selama abad ke-17, cara pengobatan Kampo mengalami periode perkembangan besar yang menghasilkan gaya yang dipraktekkan hingga saat ini.

Konon, ada survei yang dilakukan terkait penggunaan Kampo di tengah masyarakat di sana. Hasilnya menunjukkan bahwa cukup banyak dokter di sana meresepkan obat Kampo karena sudah didukung bukti ilmiah yang disajikan komunitas akademis dan adanya permintaan kuat dari pasien.

banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *